Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) adalah suatu organisasi nirlaba non-politis dan independen yang bergerak di bidang hubungan internasional. FPCI dibentuk pada tahun 2015 dan telah berkembang pesat menjadi komunitas hubungan luar negeri di Indonesia dengan kurang lebih 40,000 anggota di dalam jaringannya (milis).

FPCI menjadi salah satu platform bagi orang-orang dari berbagai latar belakang dan pekerjaan, seperti: Menteri, pejabat pemerintahan, Duta Besar, diplomat, anggota militer, selebritis, tokoh masyarakat, aktivis, dosen, hingga mahasiswa.

FPCI bersifat terbuka untuk semua kalangan yang mempunyai minat atau bergerak dalam bidang hubungan internasional, baik di dalam maupun luar negeri. Untuk menjadi anggota FPCI, cukup dengan mendaftar di website FPCI. Keanggotaan di FPCI bersifat gratis.

Misi Kami

Misi kami adalah untuk mempromosikan dan membangun internasionalisme positif ke penjuru negeri dan juga seluruh dunia.

Kami ingin membawa kebijakan luar negeri hingga ke masyarakat, dan untuk menyediakan wadah berkumpul yang dinamis dimana setiap orang dapat berinteraksi dengan setara.

Kami bertujuan untuk menjadi suara bagi kebijakan luar negeri Indonesia yang independen dan kredibel.

Apa Yang Kami Kerjakan

  • Proyek terbesar kami sejauh ini adalah penyelenggaraan Conference on Indonesia Foreign Policy, konferensi kebijakan luar negeri terbesari di Indonesia. FPCI telah menerima penghargaan Rekor Muri sebagai “penyelenggara konferensi kebijakan luar negeri Indonesia terbesar di dunia” pada tahun 2016 karena telah sukses mendatangkan sekitar 6000 peserta dari seluruh Indonesia dan luar negeri dalam konferensi tersebut.
  • Kami membentuk FPCI Chapter di universitas seluruh Indonesia, khususnya universitas yang memiliki program studi Hubungan Internasional.
  • Kami menyelenggarakan program populer SUPERMENTOR, yang mendatangkan ikon-ikon nasional, selebritis, dan pembicara-pembicara berprestasi unggul kepada sejumlah besar audiens untuk berbagi mengenai pengalaman hidup, etos kerja, dan rahasia sukses mereka.
  • Kami secara rutin menyelenggarakan diskusi publik yang membahas isu-isu terkini, seperti: perubahan iklim, terorisme, cities, perdagangan dan investasi, laporan terkait kunjungan bilateral, keamanan maritim, diplomasi ekonomi, isu regional, dsb.
  • Kami mengirimkan ‘analisis dan berita terkait kebijakan luar negeri’ secara rutin kepada anggota milis.
  • Kami berupaya untuk memberikan pandangan dan analisis terkait kebijakan luar negeri untuk media televisi maupun radio.
  • Kami mengadakan kompetisi menulis esai untuk mahasiswa Indonesia, dimana pemenangnya dapat mengikuti program magang atau kunjungan ke Washington DC, Seoul, Berlin, Beijing, Australia, dll.
  • Kami mengadakan FPCI policy dialogues, dimana kami mengirimkan delegasi Indonesia yang terdiri atas pejabat pemerintahan dan pakar ke luar negeri untuk berdialog seputar kebijakan dengan rekanan dari negara lain.

FPCI’s Secretariat

Founder & Advisor                : Ambassador Dr. Dino Patti Djalal

Community Development     : Mohamad Irfan

Operational Manager            : Andhika Eka Putra

Program Manager                 : Lailatunnazhifah

Director for Special Project   : Thomas Noto

Executive Assistant               : Zikri M Basir

Program Officer                     : Raynaldi Herdiansyah