Kerjasama International
Ingin Membentuk FPCI Chapter di Kampusmu?

FPCI terus mendukung semangat kolaborasi dengan generasi muda dari berbagai latar belakang. Untuk memulai pembentukan Chapter, silakan membaca beberapa langkah di bawah ini:

  • Bangun Komunitas di Kampusmu

Untuk memiliki FPCI Chapter yang aktif dan berkembang, kamu dapat memulainya dengan membentuk kelompok atau komunitas dengan mahasiswa di kampusmu. Struktur sederhana yang harus dimiliki FPCI Chapter adalah Ketua atau Presiden Chapter, Sekretaris, Bendahara, Divisi Program, dan Divisi Komunikasi. Penyebutan, fungsi, dan jumlah jabatan tidak dibatasi, namun penting untuk memenuhi struktur sederhana ini. Keanggotaan FPCI Chapter juga terbuka bagi seluruh jurusan atau bidang studi, dengan sistem rekrutmen yang dapat disesuaikan oleh kampus masing-masing.

  • Pelajari Nilai-nilai FPCI dan Prosedur Kerja Sama Eksternal di Kampusmu

Pahami tujuan dan visi FPCI dengan baik, terutama apa saja yang dapat dilakukan atau didapat FPCI Chapter. Anggota Chapter juga sebaiknya memahami prosedur kerja sama eksternal atau birokrasi yang ada di kampus. FPCI secara spesifik bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik atau Departemen Hubungan Internasional, yang merupakan bidang studi paling dekat dengan fokus dari kegiatan FPCI.

  • Pilih Satu atau Dua Dosen Pembimbing

FPCI Chapter harus memiliki setidaknya satu dan maksimal dua orang dosen pembimbing atau penasihat. Fungsi dari dosen pembimbing adalah untuk memudahkan keperluan anggota Chapter dalam mendiskusikan program kerja mereka.

  • Penandatanganan MoU

FPCI Chapters harus mengatur acara penandatanganan MoU, yang biasa diselenggarakan melalui seminar atau kuliah umum oleh Dr. Dino Patti Djalal. Kegiatan penandatanganan ini tentunya harus didiskusikan dengan Sekretariat FPCI terlebih dahulu.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai FPCI Chapter, silakan mengirimkan email kepada Ms. Zhifa (zhifa@fpcindonesia.org)