Young ASEAN Challenge

Dalam rangka memperingati Hari Jadi ASEAN yang ke-50, Foreign Policy Community of Indonesia mengundang Anda untuk mengikuti Young ASEAN Challenge yang berhadiah liburan gratis ke negara ASEAN pilihan Anda untuk pemenang pertama setiap kategori dan merasakan pengalaman mengikuti kegiatan pejabat ASEAN di Jakarta untuk pemenang kedua setiap kategori. Para peserta yang terpilih juga akan diundang secara eksklusif ke acara seminar di Jakarta untuk berdiskusi, membagi, dan menyuarakan pendapat terkait ide dan sudut pandang peserta sesuai topik yang telah ditentukan.

Anda dapat mengikuti perlombaan ini dengan menjawab pertanyaan:

“Bagaimana ASEAN dapat lebih berdampak pada kehidupan rakyat Indonesia?”

Peserta dapat memilih bentuk tanggapan dalam bentuk esei dan/atau video terkait pertanyaan tersebut. Perlombaan ini ditujukan kepada para pelajar SMA, kuliah, maupun golongan dewasa muda yang berumur 17-30 tahun. Ketentuan dan cara pendaftaran dapat dilihat di tautan yang tersedia di bawah.

Sebelumnya, simak pesan yang disampaikan oleh pendiri FPCI, Bapak Dr. Dino Patti Djalal berikut ini:

ASEAN tahun ini sudah berumur 50 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, ASEAN telah tumbuh pesat baik dari segi keanggotaan, organisasi, substansi dan jaringan diplomatik. ASEAN sudah banyak berperan positif merubah kawasan Asia Tenggara menjadi kawasan yang damai, relatif makmur, dan berorientasi pada kerjasama. Tahun 2015, ASEAN resmi menjadi suatu Komunitas ASEAN yang mencakup pilar politik keamanan, ekonomi dan sosial budaya. Namun terlepas dari segala kontribusinya, ASEAN menghadapi tantangan besar untuk me”rakyat”kan ASEAN, yakni bagaimana masyarakat awam dapat merasakan berbagai manfaat dari pertumbuhan ASEAN. Kenyataannya, dampak ASEAN terhadap kebutuhan sehari-hari rakyat Indonesia masih relatif belum optimal. Dalam lomba esei ini, FPCI mengundang Anda untuk ikut memikirkan tantangan ini dan mencoba mencari ide dan jawaban bagaimana ke depan ASEAN dapat lebih membawa dampak bagi rakyat Indonesia. Anda dapat mengulasnya secara umum atau dapat juga menganalisa secara lebih detil dengan memilih sektor tertentu (perdagangan, UMKM, pendidikan, investasi, pariwisata, infrastruktur, dan lain-lain). Selamat berpikir dan selamat berkarya. Saya tunggu hasilnya.

Salam,

Dino Patti Djalal